Tuesday, October 29, 2013

Sinopsis Film Titanic

 Sinopsis Titanic
Sutradara: James Cameron 
Genre: Romance
Pemeran: Leonardo DiCaprio, Kate Winslet.
Tahun: 1997


Tahukah Anda bahwa Titanic dinobatkan sebagai film terlaris sepanjang masa higga 12 tahun? Rekor ini tentu merupakan pencapaian yang luar biasa. Menariknya, Titanic sering ditayangkan sepanjang tahun, di berbagai stasiun TV. Kisah cinta berlatar peristiwa tenggelamnya RMS Titanic tahun 1912 ini memang sukses menginspirasi banyak orang. Penasaran? Sebelum nonton, tak ada salahnya membaca sinopsis Titanic, yang kami rangkum berikut ini hanya untuk Anda.

Titanic mengisahkan seorang pencari harta karun bernama Brock Lovett. Ia bersama dengan timnya terobsesi untuk “menggeledah” bangkai RMS Titanic. Tujuannya hanya satu, yakni untuk mendapatkan Heart of the Oceans, yakni kalung berlian yang dipercaya terkubur bersama dengan bangkai kapal RMS Titanic. Sayangnya, pencarian tersebut tak menghasilkan apa-apa kecuali sebuah peti. Isinya hanyalah lembaran kertas dengan lukisan seorang perempuan. Ia mengenakan kalung Heart of the Oceans.

Berita mengenai penemuan Brock Lovett disiarkan melalui CNN. Seorang wanita tua berusia 101 tahun menyaksikan tayangan tersebut dan menelpon Lovett. Ia mengaku sebagai gadis lukisan yang mengenakan Heart of the Ocean. Lovett tentu sangat tertarik, ia pun kemudian meminta Rose, wanita tua tersebut untuk mengunjunginya. Rose pun terbang bersama cucunya ke lokasi penemuan lukisan. Selanjutnya, kepada semua tim pencari harta karun tersebut, Rose bercerita.

Tahun 1912, Rose DeWitt Bukater (Kate Winslet) mengadakan perjalanan bersama dengan ibunya yakni Ruth DeWitt Bukater. Saat itu usia Rose baru 17 tahun. Namun ia sudah bertunangan dengan seorang pengusaha bernama Caledon Nathan Hockley. Rose sama sekali tidak mencintai Cal. Namun, demi alasan tertentu, Rose menjalani perannya sebagai tunangan Cal. Meski dalam hatinya ia berontak dan merasa hidupnya sebagai putri dalam lingkup keluarga bangsawan tidak menyenangkan. Karena tak sanggup, Rose pun berencana bunuh diri dengan cara melompat dari kapal RMS Titanic yang sedang berjalan.

Usaha tersebut gagal sebab seorang pemuda tampan bernama Jack Dawson (Leonardo DiCaprio) menghalanginya. Pemuda itu naik ke atas RMS Titanic karena keberuntungan. Ia berada di zona penumpang kelas 3. Karena usahanya yang dianggap berjasa, Cal pun mengundang Jack makan malam. Meski dalam hati ia jelas tak menyukai Jack.


Berawal dari undangan tersebut, hubungan Rose dan Jack pun semakin intim. Rose menceritakan hidupnya yang selalu terkekang. Sementara Jack bercerita tentang petualangannya yang menyenangkan. Mereka jatuh cinta. Sayangnya, Rose menepis perasaan tersebut, sebab ia terlalu takut menghadapi semua rintangan di hadapan mereka. Namun dengan cara yang manis, Jack meyakinkannya. Rose pun berontak. Ibunya juga Cal mengamuk. Namun Rose tetap memilih Jack.

Malangnya, kisah cinta mereka hanya seumur RMS Titanic. Kapal raksasa nan menawan tersebut tak sanggup menghindar dari bongkahan es raksasa di lautan. Kapal mengalami kerusakan yang sangat parah. Semua orang diungsikan. Kaum bangsawan mendapat urutan pertama dalam proses penyelamatan tersebut, termasuk Rose di dalamnya. Namun, rasa cintanya pada Jack membuat ia lari dari ibunya juga Cal. Ia berlari untuk menyelamatkan Jack yang sedang di borgol di dalam Kapal. Jack memang sebelumnya difitnah Cal mencuri kalung Heart of the Ocean.

Pada akhirnya Rose mendapati Jack dan berhasil membebaskannya dari borgol. Sayangnya mereka berdua terlambat. Kapal Titanic sudah hampir tenggelam. Tak ada lagi sekoci untuk mereka. Meski demikian, Jack dan Rose tidak terpisah. Jack juga Rose melompat dari Titanic yang mulai terbakar. Mereka terombang-ambing di lautan dengan suhu yang menggigit. Rose dan Jack mendapati potongan bangkai kapal. Sayangnya, bagian tersebut tak bisa menampung keduanya. Jadi Jack merelakan Rose mengapung dan dirinya berada dalam air. Oleh karena suhu yang menggigit, Jack akhirnya meninggal sambil menggenggam tangan Rose. Gadis itu terpukul tapi tak bisa berbuat apa-apa.


Selang beberapa waktu, tim penyelamat lainnya datang. Rose pada akhirnya selamat. Ia melepaskan tangan Jack yang kemudian menyatu bersama air di lautan. Sesampainya di daratan, Rose mengganti namanya menjadi Rose Dawson, yang diambil dari nama belakang Jack. Di saku jas Cal yang ia kenakan, Rose menemukan kalung Heart of the Ocean. Kalung itu disimpannya hingga ia berusia 101 tahun.

Selesai bercerita, Rose tua diajak tim pencari harta karun untuk menelusuri bangkai kapal RMS Titanic. Rose begitu bahagia sebab ingatannya tentang semua orang di kapal itu kembali hidup. Dan di tangga tempat dahulu ia berdansa, ada Jack sedang menunggunya. Rose mengulurkan tangannya. Mereka berdua tersenyum bahagia. Di akhir cerita, Rose tua pun menutup matanya selama-selamanya dan menyatu bersama dengan semua kenangannya di Titanic.
Sinopsis Titanic ini tentu tak mencakup seluruh adegan dalam cerita. Karena itu, jika belum nonton, tak ada salahnya berburu film terbaik sepanjang masa ini kan? Happy Hunting!